Jika Akun YM Dibajak, Teman di Daftar Kontak Bisa Jadi Santapan Pembajak

Ardhi Suryadhi – detikinet


Ilustrasi (Ist.)

Jakarta – Jangan memandang sepele jika akun instant messaging Anda (Yahoo Messenger, MSN, GTalk, dan lainnya) dibajak atau telah diakses oleh orang lain tanpa izin. Sebab yang terancam adalah seluruh kontak teman Anda yang ada di akun tersebut.
Tak percaya? Coba tanyakan kepada Jajang C Noer. Berapa orang rekannya yang menjadi korban penipuan via akun YM-nya yang telah dibajak tersebut. Korban terakhir menimpa Butet Kertaredjasa.

Seniman panggung ini tertipu Rp 2 juta setelah chatting lewat Yahoo Messenger (YM) dengan orang yang menggunakan akun Jajang C Noer. Butet tidak menyangka ternyata akun Jajang telah dibajak dedemit maya.

“Inilah jika pengguna tidak peduli, dia akan mengorbankan semua kontak yang ada di akunnya. Sebab, orang yang membajak akunnya tersebut, bisa dengan mudah menghubungi seluruh daftar kontak di akun itu,” kata Alfons Tanujaya, analis virus dari Vaksincom kepada detikINET, Kamis (27/5/2010).

“Jika sudah begini, ia (pelaku-red.) dapat dengan mudah melakukan penipuan. Bisa mengaku meminjam duit, tengah mengalami kecelakaan dan lainnya,” lanjutnya.

Untuk itu, rasanya diperlukan pengetahuan dasar TI bagi setiap pengguna layanan pesan instan ini. Jangan cuma bisa menggunakannya saja, mereka juga harus mengerti apa saja ancaman yang mengintai dan cara menanganinya.

“Virus atau pembajakan akun YM ini sebenarnya cerita lama. Tapi tidak ada habisnya,” pungkas Alfons. ( ash / rns )

2 responses to “Jika Akun YM Dibajak, Teman di Daftar Kontak Bisa Jadi Santapan Pembajak

  1. kita wajib waspada,,.jdy berhati-hatilah,,waspadalah!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s