Paling Tidak Ini Di Yogyakarta, GTT/PTT SLB Tak Lolos Pendataan

Laporan wartawan KOMPAS Mawar Kusuma Wulan

Jumat, 27 Agustus 2010 | 19:43 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Pendataan Guru Tidak Tetap/Pegawai Tidak Tetap oleh Badan Kepegawaian Daerah DI Yogyakarta menumbuhkan kekecewaan. GTT/PTT sempat berharap bisa diangkat statusnya dari pegawai honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil. Pada tahap awal pendataan, mayoritas GTT/PTT kecewa karena tidak lolos pendataan.

Menurut Ketua Forum Komunikasi GTT/PTT Sekolah Luar Biasa (SLB) DIY M Yasin, seluruh GTT/PTT SLB sudah bisa dipastikan tidak bisa mengikuti program pendataan yang diselenggarakan pemerintah pusat melalui BKD DIY itu. “Pemerintah tidak serius memperbaiki jaminan hidup GTT/PTT,” kata Yasin, Jumat (27/8/2010).

Sebanyak 434 GTT/PTT di 67 SLB tidak terjaring pendataan karena tidak memiliki Surat Keterangan atau SK dari kepala dinas pendidikan kabupaten/kota. Hampir semua GTT/PTT SLB hanya mengantongi SK dari kepala yayasan atau kepala sekolah dalam menjalankan tugas kepegawaian.

“Hanya 17 GTT/PTT SLB yang sudah memiliki SK dari dinas pendidikan, tetapi SK tersebut tidak bisa digunakan karena baru dikeluarkan pada tahun 2007 dari seharusnya paling lambat 2005. Undang-undang harus direvisi supaya bisa mengakomodasi kondisi konkret di lapangan,” tambah Yasin.

Pendataan untuk pengangkatan karyawan honorer ini dilandaskan pada Surat Edaran Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 5 Tahun 2010 tentang Pendataan Tenaga Honorer yang bekerja di lingkungan instansi pemerintah.

Terkait pendataan yang belum berpihak pada kesejahteraan GTT/PTT, Forum Komunikasi GTT/PTT SLB berencana ak an menggelar audiensi dengan DPRD DIY pada September mendatang. Selanjutnya, Forum Komunikasi GTT/PTT SLB berniat akan menemui Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi demi memperjuangkan jaminan hidup GTT/PTT.

“Forum Komunikasi GTT/PTT SLB menuntut Pemerintah agar syarat pengangkatan karyawan honorer menjadi PNS tidak dipersulit. GTT/PTT berharap pengangkatan PNS juga menyentuh GTT/PTT yang bekerja di lembaga swasta dan hanya mengantongi SK dari yayasan. Lama pengabdian kerja mohon diperhitungkan,” kata Yasin.

10 responses to “Paling Tidak Ini Di Yogyakarta, GTT/PTT SLB Tak Lolos Pendataan

  1. Sangat-sangat rumit sekali birokrasi kita !!
    bagi pelaksananya kerumitan itu sangat menguntungkan (bisa cari supoy tambahan bro), tapi bagi penggunanya MERUGIKAN!! (bikin STREEZZ!).
    benar-benar pembelajaran ini membuat kita harus melanggar aturan yang telah dibuat. masak… aturan SK yang harusnya melampirkan dari tahun 2005 harus diubah lagi???, wah saya sangat setuju tu,, TAPII itu tadi benar benar negara ini KACAU BALAU. terus saja BOS-BOS kite di jakarta buat aturan, ntar kita rubah lagi.. TRUSSS SEPERTI ITU LAGI…BENAR-BENAR NEGARA DALAM GERBANG KEKACAUAN..
    buat PEMERINTAH : daripada pelaksananya manusia lebih bagus ciptakan robot saja ( robot kan tak kenal kawan/temen ato lawan juga, ATURAN YA .. ATURAN !!!)
    buat KITA : jangan jadi ROBOT !! (Tahu aturan salah,, JANGAN diikuti !! memang ROBOT)
    buat RAKYAT : JADIKAN KAMI SEMUA RAKYAT INDONESIA PNS !!! BIAR NGERASA UANG SUBSIDI YANG DICABUT PEMERINTAH, (subsidi listrik, subsidi tabung gas 3 kg, solar dll) YANG HANYA DIPERUNTUKKAN UNTUK MENAIKKAN GAJI SEGELINTIR PNS!!!

  2. asssalamu’alaikum wr.eb
    apakah keputusan pemerintah tentang pengangkatan tenaga honorer hanya untuk instansi pemerintah SAJA???? apakah tidak bisa diperluas???? saya adalah GTY Madrasah Ibtidaiyah…. apakah pengabdian kami di Kemenag itu tidak bisa masukkan ke dalam tenaga Honorer???? ya memang lgo kami IHLAS BERAMAL tpi setidaknya ada kesamaanlah antara sekolah negeri dan swasta….. kami maklum dengan keadaan pmerintah,,,,, yang kaya tetap tambah kaya…. yang miskin tetap tambah miskinnn

  3. pak, saya boleh tahu syarat seseorang dapat diangkat menjadi gtt? tapi yang saya tanyakan bukan syarat gtt menjadi pns. dan dimana tempat mengadu untuk gtt? untuk websitenya, alamat kantornya, nomor teleponnya dll. karena beberapa teman saya ingin bertanya langsung ke yang berwenang. terima kasih atas infonya pak.

    • gtt sekolah negeri atau sekolah swasta? syarat untuk menjadi gtt ditentukan oleh kepala sekolah yang bersangkutan, atau yayasan, terimakasih

  4. pak, saya boleh tahu syarat seseorang dapat diangkat menjadi gtt? tapi yang saya tanyakan bukan syarat gtt menjadi pns. dan dimana tempat mengadu untuk gtt? mohon bapak tulis websitenya, alamat kantornya, nomor teleponnya dll. karena beberapa teman saya ingin bertanya langsung ke yang berwenang. terima kasih atas infonya pak.

  5. gtt sekolah negeri pak, apakah ada ketentuan harus bekerja januari 2005? harus sarjana? tapi bagaimana sekolah mengangkat seseorang karena ada faktor dekat, kerabat sehingga yang seharusnya diusul untuk gtt jadi gigit jari. apakah ada tempat mengadu? kalau pns bisa ke BKN, tapi kalau gtt kemanakah kami mengadu pak? terima kasih atas infonya pak.

  6. ceritanya begini pak, kami bekerja disekolah negeri dari tahun 2003 tapi nama kami tidak diusul olek kepala sekolah negeri kedinas pendidikan sehingga kami kecewa. ternyata yang diangkat gtt adalah orang yang dekat dengan kepala sekolah dan ternyata orang tsb terhitung bekerja tahun 2008. sekarang dia sudah terima sk gtt dari pusat. setelah kami cek ke dinas ternyata ada permainan dalam tmt bekerja, di dinas pendidikan orang tsb terdata tmt 1 januari 2005 padahal dia bekerja disekolah tahun 2008 itupun bukan sebagai guru melainkan administrasi. disinilah letak kecurangan kepala sekolah kami pak. dan lebih curangnya lagi orang tersebut juga termasuk yang didata untuk pns dari kategori II. begitu mudahnya bagi mereka yang mampu dan dekat dengan kepala sekolah. gtt diakui dan terdata jg dalam pns kategori II. mohon pak atas jawaban dan info pengaduannya. terima kasih pak.

  7. agus sembodro S.Pd

    Mbak Novi ….data anda kurang lengkap. Tunjukkan sekolah mana,nama kepala sekolah dan orang yang mendapat SK gtt tsb. Klo tidak jelas bagaimana bisa ditindak lanjuti. Jangan kuatir untuk mengemukakan pendapat. Jika identitas tidak jelas kan repot untuk menindaklanjutinya. Kebiasaan orang kita takut. Ngapain takut. Sudah saatnya kita berubah. Gak perlu ditutup tutupi. Oke…sukses selalu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s